Analytic Course SEM

Analytic Course
Pengenalan Structural Equation Model
Tujuan utama dari banyak penelitan dan studi adalah memahami bagaimana suatu variabel mempengaruhi atau dipengaruhi variabel lain. Pendekatan model regresi merupakan teknik yang paling umum digunakan dalam studi semacam itu. Dalam banyak kasus, para peneliti perlu melibatkan variabel yang bersifat laten yang tidak dapat diukur atau diamati secara langsung agar fenomena yang ada dapat dijelaskan dengan lebih baik. Model persamaan struktural (structural equation model, SEM) adalah teknik yang dikembangkan untuk menangani situasi dimana variabel yang menjadi fokus studi tidak bisa diukur secara langsung sehingga memerlukan beberapa indikator untuk menangkap informasi yang diinginkan.

Misalnya saja, kepuasan pelanggan dapat diukur menggunakan beberapa pertanyaan persepsi yang terkait dengan komponen-komponen layanan; perilaku pelanggan tidak bisa hanya diwakili oleh satu variabel saja; atau kualitas manejemen organisasi harus dilihat dalam bentuk kombinasi dari beberapa aspek manajerial.
Pelatihan ini akan membahas beberapa ide dasar SEM dan metodologi umum memperoleh model yang memuaskan. Pelatihan akan diawali dengan pemaparan konsep dasar sehingga peserta memiliki landasan yang cukup untuk memahami seluruh materi pelatihan. Seluruh materi akan disampaikan dalam Bahasa Indonesia dengan teknik pembelajaran yang interaktif, serta beberapa sesi praktek langsung untuk memperdalam pemahaman peserta.
Ruang Lingkup:
– Pengenalan SEM: Apa itu SEM? Kapan digunakan? Beberapa ilustrasi sederhana.
– Confirmatory factor analysis: pengenalan analisis faktor, analisis faktor exploratory vs confirmatory, variabel laten
– Konsep dasar analisis regresi: model regresi dan model sebab akibat, koefisien regresi, pengaruh variabel, pengujian hipotesis koefisien
– Analisis lintas (path analysis, model struktural dengan variabel yang dapat diamati): penyusunan model, pendugaan model, pengaruh langsung dan tak langsung, kebaikan suai model.
– Model penuh (model struktural dengan variabel laten): model pengukuran dan model struktural, valitias dan realibitas model pengukuran, kebaikan suai model.
Waktu Pelaksanaan: 10 Juni 2013 / 09:00 – 16:00
Tempat: Kampus IPB Baranangsiang, Bogor
Biaya: Rp 750.000,- / orang
Pendaftaran dan Informasi: Bagus (bagusco@gmail.com) dan Agus (agusms@ipb.ac.id), 0251-8381807


Leave a Reply

April 2013
S M T W T F S
« Apr   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930